Monday, January 7, 2013

Kehidupan di Riyadh

KBRI Riyadh
KBRI Riyadh terletak di wilayah Diplomatic Quarter (DQ) di sebelah Barat Daya kota Riyadh. Letaknya di Bundaran ke-3 Diplomatic Quarter, di sebelah Saudi Holandi Bank.


 Diplomatic Quarter, Riyadh
Wilayah Diplomatic Quarter adalah wilayah khusus yang diperuntukkan bagi perwakilan asing dan perumahan perwakilan asing. Di dalam wilayah ini wanita diperbolehkan tidak mengenakan abaya, namun larangan mengemudi bagi wanita tetap diberlakukan. Di wilayah Diplomatic Quarter terdapat pusat perbelanjaan tepat di seberang KBRI Riyadh yaitu Al Kindi Mall. Disana terdapat restoran, minimarket, bank, dll. Selain itu di DQ terdapat pula pusat kebugaran khusus wanita, kolam renang, taman-taman, Starbucks dan Dunkin Donuts.

Perumahan Home Staff
Perumahan home staff (compound) terdapat di Diplomatic Quarter. Rumah-rumah yang tersedia masih belum dilengkapi perabotan lengkap. Biasanya, perabotan selain dibeli di toko-toko perabotan seperti IKEA dan SACO, dibeli pula dari homestaff yang akan pulang ke Indonesia.

 Tempat Perbelanjaan
Di Riyadh terdapat banyak tempat belanja baik berupa mal-mal besar , toko-toko maupun pasar yang menyediakan berbagai barang baik barang bermerk maupun buatan lokal. Sebagai contoh Sahara Mall, Al-Mamlaka Mall dan Al-Faisaliah Center menyajikan barang-barang bermerk yang terkenal. Terdapat pula Hayat Mall, Granada Mall, Royal Mall, dan masih banyak lainnya. Selain itu, Riyadh juga memiliki pasar-pasar yang terletak di old district antara lain Dirah, Al-Zal Market dan Souvenir Market.


Produk Indonesia dan Asia
Anda dapat menemukan berbagai produk yang berasal dari Indonesia dan Asia di toko-toko Indonesia, Filipina dan India. Toko-toko ini tersebar di seluruh wilayah Ryadh. Toko Indonesia yang terdekat dari DQ adalah Toko Cianjur, Monas dan Bali Corner yang terletak di Ummul Hamam street. Selain itu terdapat pula beberapa restoran Indonesia yang menyajikan masakan Indonesia antara lain Warung Pojok dan Restoran Rindu Alam. Pada Umumnya semua produk Indonesia tersedia di Riyadh dan dijual dengan harga terjangkau, baik sayuran, ikan asin, tahu, tempe, bumbu dapur, produk obat-obatan tradisional (minyak kayu putih, balsam, minyak telon, antangin, dll), produk kosmetik, dan sebagainya. Namun terdapat produk-produk yang terkadang tidak tersedia antara lain petis, abon sapi, kapur sirih, tepung hongkue,dan  pewarna makanan (tersedia dengan warna terbatas).

Hiburan dan Tempat Wisata
Hiburan yang sangat umum di Riyadh adalah mengunjungi pusat perbelanjaan, menikmati makanan di berbagai macam restoran, dan piknik di taman. Kita juga dapat mengunjungi daerah sejarah Kota Tua Dir’iyah, atau Benteng Masmak dan pasar Dirah di sekitar benteng, dan juga Salam Park. Juga terdapat Saudi resort yang terletak 60km dari Riyadh ke arah Mekkah, dimana kita dapat menikmati berbagai hal dan kehidupan masyarakat badui.
Tidak terdapat bioskop di Arab Saudi, juga sebagian rekaman musik barat sangat jarang ditemui. Keduanya dapat diperoleh di negara teluk lain seperti Bahrain (422km), Qatar (488km), Kuwait (531km), dan UAE—Abu Dhabi (744km) dan Dubai (868km). Kondisi jalan utama ke negara teluk lain cukup bagus dan banyak terdapat pompa bensin, namun jarang terdapat tempat penginapan yang layak kecuali jika masuk ke dalam kota.
  
Sekolah di Riyadh
Pertimbangan utama dalam mencari sekolah khususnya di Riyadh, selain kurikulum dan biaya adalah pertimbangan ada atau tidaknya bis sekolah yang dapat mengantar jemput anak ke rumah.
Dikarenakan wanita tidak boleh mengendarai kendaraan bermotor, dan perumahan home staff Indonesia berada di dalam Diplomatic Quarter, yang mana akses masuk sangatlah ketat dan cukup jauh dari lokasi sekolah pada umumnya, maka hanya sedikit sekolah yang memiliki bis sekolah hingga masuk ke dalam Qiplomatic Quarter. Hal ini tidak akan bermasalah jika kita memiliki kendaraan dan supir pribadi, atau berlangganan taxi secara pribadi.
Berikut paparan beberapa sekolah di Riyadh:
(1) King Faisal (boys only), lokasi DQ (dekat American Embassy). Kurikulum International Barraculate (IB). Uang sekolah SAR 50,000/tahun. Jarak +/- 5 menit.
(2) Sekolah Indonesia Riyadh (SIR), lokasi di Ummul Hamam. Kurikulum Diknas RI. Uang sekolah +/- SAR 250/bulan. Memiliki bis sekolah ke DQ. Jarak +/- 12 menit.
(3) Al-Rowad International School, lokasi di Al-Uruubah Road (dekat dengan supermarket Euro Marche). Kurikulum British dan American untuk kelas rendah, dan IGCSE / SAT untuk kelas atas. Uang sekolah antara SAR 12,000-SAR 22,000/tahun. Memiliki bis sekolah ke DQ.. Jarak +/- 15 menit. Kunjungi www.rowad-is.com
(4) Anwar Al-Majd International School (AMIS), lokasi di Mecca Road. Kurikulum British. Hanya untuk kelas bawah. Uang sekolah SAR 10,000/tahun. Tidak ada bis sekolah. Jarak +/- 20 menit.
(5) Al-Manarat International School, lokasi di Exit 8 (persimpangan highway airport-Dammam-Mekkah-Kharj). Kurikulum British. Uang sekolah SAR 14,000-SAR 24,000/tahun. Memiliki bis sekolah, tapi tidak ada yang masuk ke DQ. Jarak +/- 30 menit.
(6) King Abdul Aziz International School, lokasi daerah Sulaymania. Kurikulum SABIS. Uang sekolah +/- SAR 26,000/tahun. Memiliki bis sekolah tapi tidak ada yang masuk ke DQ. Jarak +/- 45 menit.
(7) King Fahd International School, lokasi daerah Sulaymania. Kurikulum British. Tidak memiliki bis sekolah ke DQ. Jarak +/- 45 menit.
(8) Multinasional School, lokasi di dekat Exit 8 (ke arah airport). Kurikulum Australia. Tidak memiliki bis sekolah. Jarak +/- 60 menit.
(9) British International School. Kurikulum British. Uang sekolah SAR 25,000-SAR 61,000/tahun. Tidak memiliki bis sekolah.
(10) American School. Kurikulum American dan IB. Uang sekolah SAR 20,000-SAR 63,000/tahun. Tidak memiliki bis sekolah.



No comments:

Post a Comment