Sunday, January 6, 2013

Penting Untuk DIketahui di Saudi Arabia


Pakaian
Pakaian yang wajib dikenakan bagi wanita dan anak-anakperempuan yang sudah baliq ketika bepergian ke luar rumah adalah Abaya. Abaya merupakan pakaian panjang, semacam gamis, berwarna hitam dan bermodel longgar. Kegunaan abaya adalah untuk menutupi garis lekuk tubuh wanita. Saat ini terdapat berbagai macam model variasi abaya dan harganya berkisar antara 35 saudi riyal sampai dengan ribuan Saudi riyal. Selain abaya, wajib dikenakan pula jilbab/kerudung dengan warna bebas. Namun wanita Saudi banyak mengenakan kerudung berwarna hitam dan disertai cadar. Sedangkan pakaian bagi pria adalah bebas sopan. Larangan menggunakan abaya ini tidak berlaku di wilayah Diplomatic Quarter serta compound-compound lainnya yang tidak mewajibkan wanita berabaya.
Waktu Adzan
Pada saat adzan dikumandangkan, maka tempat perbelanjaan dan perkantoran akan ditutup untuk sementara waktu sampai selesainya sholat. Oleh karena itu,pada saat akan melakukan aktivitas yang berhubungan dengan pertokoan atau perkantoran maka perlu diperhitungkan waktu-waktu adzan tersebut.
Larangan Mengemudi Mobil/Kendaraan Bermesin Bagi Wanita
Di Arab Saudi wanita dilarang menyetir mobil di seluruh wilayah Saudi Arabia, termasuk Diplomatic Quater. Apabila terdapat wanita yang melamnggar ketentuan ini maka akan diberikan hukuman yang berat. 
Section di Restauran
Tidak semua restauran di Saudi Arabia memperbolehkan wanita masuk. Wanita dan keluarga hanya diperbolehkan masuk restauran yang memiliki Family Section.
Larangan Masuk di Tempat Perbelanjaan Keluarga bagi seorang Pria
Seorang pria yang tidak ditemani oleh keluarga (anak/istri) tidak diperbolehkan untuk memasuki tempat perbelanjaan keluarga. 

No comments:

Post a Comment